Lagu Religi Pilihan di Bulan Ramadan

Lagu Religi Pilihan di Bulan Ramadan

Bulan penuh berkah atau bulan Ramadan bisa menjadi peristiwa untuk menyelami spiritual dalam diri lebih dalam. Untuk yang membutuhkan dorongan lebih untuk meningkatkan suasana perayaan dan perenungan, barangkali musik bisa menjadi sebuah penolong.

Lagu Religi Pilihan di Bulan Ramadan

Banyak para musisi tanah air yang telah membuat dan merilis karya nyanyian-nyanyian religius. Berikut nyanyian pilihan di antaranya, baik dari era klasik maupun yang terkini. Sebagian besar punya lirik yang berefleksi seputar perjalanan hidup yang baik.

1. Chrisye – Dikala Tangan dan Kaki Berkata
Salah satu nyanyian paling penting dalam perjalanan musik dan spiritual Chrisye sebab dia menangis ketika hendak bernyanyi untuk rekaman. Liriknya dihasilkan oleh Taufiq Ismail menurut tafsir atas isi Surat Yaasin ayat 65.

2. Bimbo – Ada Hati Bertanya Bapaknya
Salah satu nyanyian kasidah dari Bimbo, grup yang dikenal melewati musik rohani semenjak pertengahan 1970-an. Musiknya digarap Sam Bimbo dengan lirik ciptaan Taufiq Ismail. Kisah dalam liriknya sungguh-sungguh simpel, adalah seorang anak yang bertanya manfaat puasa, tadarus, dan tarawih. Sang bapak menerangkan satu per satu secara singkat.

3. Opick – Tombo Ati
Barangkali inilah nyanyian rohani yang paling kerap kali didaur ulang dengan lirik lain. Lirik aslinya bicara soal lima metode mengobati hati (tombo ati). Tombo Ati dirilis bersama sembilan nyanyian rohani lain dalam album Istighfar (2005).

4. Sujiwo Tejo – Pada Suatu Dikala
Lagu dan liriknya dihasilkan Sujiwo Tejo pada 1998 sebelum Soeharto lengser dari kursi Presiden. Lirik berbicara soal angkara marah dan kesabaran. Dalam catatan di blog pribadinya, Sujiwo menyebut dia berupaya meredam warna revolusi dan amarah sosial masa itu ke dalam irama yang sebisa mungkin membendung amarah.

5. Gigi – Kesudahannya
Salah satu nyanyian rohani dari Gigi. Musiknya mengalun pelan dengan lirik pertobatan ciptaan Deddy Agus dan Younky Soewarno. Kesudahannya dirilis dengan 11 nyanyian rohani Gigi lain dalam album Raihlah Kemenangan (2005).

6. Rida & Sita – Pagi Ramadhon
Rida Farida dan Sita Nursanti adalah dua penyanyi yang sebelumnya tergabung dalam trio Rida Sita Dewi. Lagu rohani dengan nada riang gembira ini dihasilkan oleh Agus Snada dan Luqman Snada.

7. Tompi – Ramadhon Datang
Lagu jazz soul dari Teuku Adi Fitrian alias Tompi. Liriknya secara khusus bicara soal tantangan dan menyenangi cita Ramadhon. Video musiknya, yang menunjukkan Jaja Mihardja, Mpok Atiek, Barkah, serta Catrine Wilson, berkisah seputar membendung godaan ketika berpuasa.

8. Gita Gutawa – Jalan Lurus
Musiknya adalah daur ulang nyanyian Tombo Ati dari Opick dengan lirik terkini ciptaan Taufiq Ismail. Apabila Tombo Ati bicara soal lima metode mengobati hati, Jalan Lurus menyebut 10 nasehat bagi manusia untuk hidup di “jalan lurus”. Lagu ini dirilis bersama tujuh nyanyian lain dalam album Balada Shalawat.

9. Aura Gutawa – Doa untuk Orang Tua
Debut singel dari Aura Gutawa, adik Gita Gutawa, yang baru saja dirilis permulaan Mei ini. Musiknya digarap oleh sang ayah, Erwin Gutawa. Doa untuk Orang Tua dirilis dalam album kompilasi Ramadhon Penuh Melalui bersama nyanyian-nyanyian terkini dari sejumlah musisi seperti Opick, SNADA, Sandy Sandhoro, dan Vallen.

10. Ungu – Dengan NafasMu
Salah satu nyanyian populer Ungu dari album rohani Ruang Ramadhon (2013). Liriknya, yang dihasilkan oleh Franco Wellyjat alias Enda, bicara soal pertobatan sebelum kematian.

Tinggalkan komentar

%d blogger menyukai ini: